Senin, 12 April 2010



sistem penggajian

Sistem penggajian yang baik adalah sistem yang dapat memotivasi karyawan untuk berprestasi sebaik mungkin, tanpa membebani organisasi di dalam menjalankannya. Untuk itu, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, seperti tingkat gaji pegawai terhadap tingkat gaji di pasar atau industri, jenis dan proporsi komponen-komponen gaji yang diberikan, bujet yang tersedia, serta hubungan gaji dengan performance pegawai.

System penggajian konvensional yang masih berjalan pada perusahaan - perusahaan konvensional mengakibatkan timbul banyaknya permasalahan dimulai dari proses yang lama, aliran data yang rumit, sampai pada tahap terakhir yaitu tahap penyerahan gaji kepada karyawan.

manfaat sistem penggajian :

  1. bagian bagian tertentu tidak akan dilakukan secara manual karena semua kalkulasi gaji, bonus, akan langsung secara otomatis dikalkulasikan oleh sistem yang berjalan
  2. mengurangi jumlah SDM yang diperlukan dalam melakukan suatu pekerjaan (peningkatan efektifitas)
fungsi sistem penggajian :
  1. melakukan kalkulasi data gaji setiap karyawan yang ada di dalam perusahaan dan langsung mengeluarkan hasilnya berupa slip gaji yang siap ditukarkan ke bank bank yang sudah bekerjasama dengan perusahaan.
  2. melakukan pendataan / pengarsipan / backup data penggajian apabila sewaktu waktu diperlukan
  3. menyediakan form input data untuk memasukan input biodata karyawan dan input gaji serta prestasi kerja karyawan tersebut
  4. melakukan pendataan jumlah karyawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;