Sabtu, 24 Maret 2012

Manusia dan penderitaan

Penderitaan adaalah sebuah situasi dimana seorang manusia dihadapkan kepada suatu masalah yang sulit dihadapinya sehingga ia merasakan suatu posisi dimana ia merasa kesulitan dengan masalah tersebut.

Pada dasarnya masalah itu adalah kepanjangan tangan dari tuhan untuk menguji kesabaran manusian dan menepa manusia tersebut untuk dapat kuat menghadapi kerasnya hidup di dunia. Apabila kita mau memandang penderitaan secara positif maka pastilah kita dapat melihat sisi positif dari masalah yang dihadapi. Contohnya dari penderitaan seseorang mahasiswa yang sedang menghadapi skripsi namun dihadapkan oleh sebuah kenyataan bahwa ada satu matakuliah yang mengharuskan dia mengulangnya. Skripsi itu sendiri sebenarnya sudah menjadi beban mental yang berat baginya, sehingga hal ini tentunya akan menimbulkan beban pikiran baru yang kemudian akan menyebabkan penderitaan untuk mahasiswa tersebut.

Namun apabila dilihat dari sisi positifnya penderitaan tersebut akan mengajarkan mahasiswa tersebut dari sisi ketelitian untuk melihat nilai dan syarat kelulusan, perencanaan pengambilan mata kuliah, dan kesiapan mental untuk menghadapi situasi terburuk. Apabila mahasiswa tersebut dapat melaluinya dengan baik maka pada ujung perjalanan skripsi nya pada saat diwisuda ia akan memiliki suatu kebanggaan pribadi telah berhasil melewati rintangan yang tidak semua orang mampu lewati, karena pada dasarnya setiap penderitaan akan berakhir dan tentunya semua akan indah pada waktunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;