Jumat, 01 Juni 2012

Alam Indonesia (manusia dan keindahan)

Keindahan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan (sumber : id.wikipedia). Pengalaman "keindahan" sering melibatkan penafsiran beberapa entitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketentraman emosional. karena ini adalah pengalaman subyektif sering dikatakan bahwa beauty is in the eye of the beholder atau keindahan itu berada pada mata yang melihatnya (gary martin:2007).

Keindahan tersebut akan tercipta dari sebuah sudut pandang manusia atas sebuah objek, akibat dari perbedaan sudut pandang antar setiap manusia sehingga menjadikan keindahan tersebut bernilai relatif tidak sama antara satu individu dengan individu lainnya, misalnya padangan beberapa orang tentang bali, beberapa orang akan berpendapat bahwa bali adalah tempat yang indah, bahkan mungkin salah satu surga dunia. Namun bagi beberapa orang lainnya mungkin bali sudahtidak indah karena kepadatan, sampah, tindak kriminal yang tinggi, dll.






Jikalau kita membahas tentang bali mungkin sebagian besar masyarakat indonesia akan menyatakan bahwa bali itu indah. namun bagi penulis bali adalah sebagian kecil dari keindahan alam yang dimiliki oleh indonesia. indonesia yang terbentang dari sabang hingga merauke sebenarnya menyimpan keindahan yang luar biasa. Namun kurangnya informasi dan akses yang sulit serta tidak adanya bantuan dari pemerintah untuk mengekspos daerah-daerah "indah" tersebut maka daerah tersebut akan mustahil untuk dikembangkan menjadi daerah wisata. tetapi berkat munculnya teknologi internet maka mulailah terbuka daerah- daerah tersembunyi untuk di explore oleh para pelancong. daerah - daerah di indonesia yang mulai ter ekspos keindahan nya misalnya :

- Kepulauan Raja Ampat
- Green Canyon Pangandaran
- Pulau Sempu Jawa Timur
- Gunung Rinjani Lombok
- Labuan Bajo & Pulau Komodo Flores
- Dll


daerah daerah tersebut mulai terekspos akibat adanya internet, dan ternyata memang daerah-daerah tersebut tidak kalah indah dan uniknya dibanding bali yang menyajikan pantai dan kebudayaannya atau bunaken dengan keindahan taman laut nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;