Sabtu, 02 Juni 2012

Bahasa anak muda? (manusia dan kebudayaan)

budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dam dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Sekitar 3000 sampai 6000 bahasa digunakan oleh manusia sekarang adalah salah satu contoh yang menonjol dari kebudayaan yang beragam, tapi bahasa alami dapat juga berdasarkan visual daripada rangsangan pendengaran, sebagai conoth pada bahasa isyarat dan bahasa tulis. Sepertihalnya di indonesia, Indonesia memiliki banyak bahasa yang beraneka ragam. ini disebabkan oleh banyaknya suku bangsa yang ada, karena bahasa adalah salah satu ciri budaya maka setiap suku biasanya memiliki bahasa - bahasa yang berbeda pula. Di pulau jawa saja terdapat 11 macam bahasa, mulai dari bahasa jawa, betawi, sunda, madura, tengger, dll.

Bahasa juga termasuk sebuah budaya yang dapat ber evolusi tergantung kondisi dan percampuran budaya luar. misalnya bahasa melayu yang menjadi ciri khas dari bahasa bangsa - bangsa yang berada di semenanjung malaya dan kepulauan disekitarnya tercampur dengan bahasa - bahasa lokal seperti bahasa jawa, sunda, dll.

Namun akhir - akhir ini terjadi fenomena yang cukup unik dimana teknologi internet yang semakin berkembang pesat, teknologi komunikasi, dll menyebabkan percampuran antara budaya menjadi sering terjadi. ini disebabkan karena jangkauan / cakupan luas dari komunikasi tersebu menjadi tidak ada batas. sehingga pencampuran antara budaya barat dan budaya timur menjadi satu. termasuk juga dalam bahasa, bahasa mulai tercampur antara bahasa indonesia dan bahasa inggris. sering sekali kita lihat pada artikel - artikel yang dibuat mencatut kata - kata dalam bahasa inggris atau dalam percakapan pun juga sering terjadi. misalnya penggunaan kata "bro" yang berasal dari kata brother yang artinya saudara laki - laki yang sering digunakan untuk memanggil teman - teman dekat.



yang lebih memprihatinkan saat ini adalah pencampuran penggunaan bahasa antara huruf dengan angka bahkan sampai di singkat per katanya. misalnya penggunaan kata istirahat yang di ubah jadi 1strhT, penggunaan bahasa - bahasa seperti ini disuburkan oleh penggunaan alat komunikasi pesan singkat / sms yang biasanya hanya mencakup 160 karakter, sehingga pengguna harus mempersingkat kata - katanya sedangkan perubahan alfabet menjadi angka biasanya tercipta dari kalangan anak muda yang biasanya ingin tampil berbeda. hal ini apabila di gunakan terus menerus pasti akan menggerus ciri khas bahasa indonesia yang baik dan benar. karena bahasa adalah salah satu ciri dari kebudayaan indonesia maka sudah sepatutnya kita sebagai warga negara indonesia yang mencintai budayanya sendiri menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;